Cara membuat kotak pencarian sitelink di Magento 2

56 views
Beberapa tahun yang lalu, Google memperkenalkan kotak telusur sitelink. Kotak telusur sitelink adalah kotak telusur di atas sitelink, yang diperkenalkan dan diimplementasikan oleh Google untuk membantu pengguna menelusuri konten di situs Anda secara lebih langsung dan mudah. Ketika diaktifkan, kotak pencarian ini akan muncul di bawah hasil pencarian utama dari merek tertentu. Jadi, setelah mencari sebuah merek di Google, Anda dapat langsung menggunakan mesin pencari toko online atau website di mana Anda ingin mencari sesuatu. Hasil akan ditampilkan pada halaman hasil pencarian dari halaman yang relevan.

Contoh

Berikut adalah contoh hasil penelusuran untuk "YouTube" di Google yang mengembalikan kotak telusur sitelink untuk situs YouTube:

Dengan kotak telusur Google sitelink, orang dapat menjangkau konten Anda dengan lebih cepat dari hasil penelusuran. Penelusur terkadang juga menggunakan kueri navigasi-masukkan nama merek atau URL halaman web untuk membuat kueri yang lebih terperinci di situs. Misalnya, seseorang ingin mencari video anjing yang bersalah di YouTube. Mereka mengetik YouTube atau Anda-tabung atau youtube.com ke Google Search, ikuti link ke YouTube, dan kemudian mencari video anjing.

Kotak telusur sitelink menghapus langkah-langkahnya: kueri untuk YouTube menampilkan kotak telusur sitelink tertentu di sitelink, sehingga pengguna dapat segera mencari video anjing yang bersalah tanpa harus mengeklik situs.

Menambahkan kotak penelusuran sitelink ke situs Anda

Tidak sulit untuk membuat situs Anda memenuhi syarat untuk kotak pencarian sitelink. Proses ini mencakup tiga langkah dan mengurus sisi teknis. Jadi Anda harus bersabar dan melaksanakan langkah berikut:

1. Instal mesin pencari untuk bekerja pada situs Anda

Kueri dari kotak telusur sitelink mengarahkan pengguna langsung ke halaman hasil penelusuran di situs Anda, sehingga Anda harus memiliki fungsi mesin telusur untuk mengaktifkan fitur ini. Jika situs Anda tidak memiliki mesin telusur, Anda dapat menyiapkan dengan Google Custom Search Engine atau menggunakan mesin telusur yang Anda suka.

2. Tambahkan markup schema.org di homepage Anda

Langkah lain yang sangat sederhana, letakkan kode berikut dalam kode sumber homepage, Edit kolom "URL" dan "target" untuk mencocokkan informasi situs Anda.

<script type="application/ld+json">
{
  "@context": "http://schema.org",
  "@type": "WebSite",
  "url": "https://www.example.com/",
  "potentialAction": {
    "@type": "SearchAction",
    "target": "https://query.example.com/search?q={search_term_string}",
    "query-input": "required name=search_term_string"
  }
}
</script>

"URL"-ini adalah atribut yang menentukan URL dari halaman web. Ini harus cocok dengan URL kanonis pada halaman Beranda domain Anda. Potensialaction: target: atribut ini menentukan jenis pencarian URL untuk mengirim query ke mesin pencari situs. Permintaan-input-nilai untuk nama atribut permintaan input harus cocok string yang disertakan dalam kurung kurawal di properti target potentialAction.
3. Siapkan URL kanonis yang diinginkan untuk situs Anda

Anda harus menggunakan faktor link rel = "Canonical" pada semua varian homepage. Hal ini membantu Google Penelusuran memilih URL yang benar untuk markup Anda.

Ketika Anda telah menyelesaikan semua ini dan Google menganggap situs Anda memenuhi syarat. Sebenarnya, kotak telusur sitelink akan ditampilkan di situs Anda.
Cara mencegah kotak telusur sitelink muncul

Ada cara jika Anda tidak ingin menampilkan kotak pencarian sitelink di SERPs, Anda dapat menambahkan tag berikut ke sumber:

<meta name="google" content="nositelinksearchbox" />

Dari situ, kotak telusur sitelink akan dinonaktifkan seperti bagian dari perayapan dan pemrosesan Googlebot dari halaman.
Kesimpulan

Membuat kotak telusur sitelink tidak sulit. Sekarang saatnya untuk belajar bagaimana membuat kotak pencarian sitelink untuk membedakan dan menarik pelanggan. Selain itu, memiliki kotak telusur sitelink dapat membantu meningkatkan trafik ke situs web Anda.