Penyebab Speaker Cepat Mati dan Gosong

34 views

Spool atau Voice Coil Pada speaker sering putus atau gosong saat digunakan untuk acara live maupun ceck sound bahkan juga saat musikan biasa, putus atau terbakarnya spool speaker memang sudah biasa dikalangan sound system, yang tidak biasa itu bila sering putus setiap kali manggung.

Memang penyebab voice coil gosong atau putus ada banyak faktor dan berbeda-beda peyebabnya. lalu apakah bisa di minimalisir agar tidak mudah putus voice coilnya? Ya tentunya bisa ! terus apa saja dan bagaimana cara meminimalisir agar spool tidak mudah putus? Mudah kok

Bagi teknisi atau operator memang wajib tahu frekuensi pada audio sound system terutama pada saat mixing agar bisa mengolah suara yang baik dan tentunya sesuai dengan karakter yang diinginkan.namun bagi yang tidak paham frekuensi alias hanya tau bass,treble dan mencoba-coba penting bunyi enak, ya siap-siap saja spool speaker.

Penyebab spool speaker putus/gosong sebagai berikut.

  1. Power amplifier
  2. Frekuensi over
  3. Box Speaker 
  4. Vokal over

Power amplifier
Power yang terlalu kecil watt nya juga bisa membuat spool terbakar ,ketika power dipaksa ke maksimal maka out power bisa menghasilkan DC yang bisa membuat spool terbakar.

Frekuensi
Frekuensi memang sangat penting dipahami sebab jika komponen speaker memiliki frekuensi yang tertera pada data shet speaker tersebut jika kita sering memaksa diluar frekuensi ersebut maka akan berakibat speaker akan tidak bekerja semestinya alias dipaksa.

Box Speaker
box speaker yang tidak sesuai dengan karakter speaker juga dapat merusak speaker, contoh bila box speaker hanya mampung di frekuensi 50-350hz jika dipaksa untuk dibawah 50hz juga akan membuat gerak daun speaker menjadi liar dan dapat membuat spool putus.

Vokal 
Sebagian orang tidak mempedulikan vokal suara dari microphone yang over gain/tidak ada compres, saya sendiri suda menguji coba bahwa vokal dari mic yang over sangat-sangat berbahaya bagi speaker, apalagi saat ada tamu yang bernyanyi teriak-teriak dan mengakibatkan over suara dan cacat suara sember, itulah bahayanya jadi akan sangat baik bila mixer / accesoris audio dilengkapi dengan compres agar tidak terjadi cacat/over mic.

Jadi untuk meminimalisir kerusakan spool speaker baiknya lihat data komponen speaker yang akan dipakai,lihat lebar frekuensi/karakter speaker tersebut kemudian cari box speaker yang cocok dengan karakter speaker tersebut.

Dan saat mixing pastikan tidak memboosting frekuensi secara brutal, sebab bila itu dilakukan pada speaker yang memakai power besar maka suara cacat tidak akan terlalu terlihat namun tidak lama speaker pasti akan bermasalah, jadi sesuaikan frekuensi pada equalizer sesuai data speaker.